Jumat, 15 Oktober 2010

Otak - otak Sate Ikan Bandeng

OTAK-OTAK SATE IKAN BANDENG
Posted by sherry on Jun 24, '08 8:02 PM for everyone
Category:   Meat & Seafood
Style:   Soulfood
Special Consideration:   Quick and Easy
Servings:   5 lonjor

Description:
Kali ini nyobain resep dari < mas budi>
Dan sebenernya ikan ku dah ga utuh ada 3 udah terpotong potong semua, dasar ga doyan bandeng kalau bukan di "otak2in" dulu, maka maksa deh tuh dikerepeti ikan potongan dan dipakai lagi kulit2 yg kecil2 compang camping, dibajuin ke bahan isi, gataunya ga terlalu keliatan bahwa itu tadinya ikan yg udah kepotong2....Sedap deh ini ikan legit dan harum...Mecca pun doyan, padahal ada cabenya di bumbu, cuma dah ga berasa kali ya...

Ingredients:
Bahan :
700 gr ikan bandeng sedang *aku pakai 3 ekor, tapi aku sisain 3 iris tipis buat digoreng kering untuk mecca takut ga suka otak2 ini
1 butir telur, kocok lepas*aku pakai dua
¼ butir kelapa, sangrai, haluskan *pakai ulekan
100 ml santan kental
1 sdt garam

Haluskan:
7 siung bawang merah *aku pakai 10
4 siung bawang putih
4 buah cabai merah
½ sdm ketumbar, sangrai *aku lebihin
½ sdt jintan, sangrai*aku lebihin
2 cm jahe
1 cm, lengkuas
2 cm kunyit
1 sdt asam*ga pakai
1 sdt garam *sampai berasa asin
1 sdt gula pasir *aku pakai 3/4 sdt


Directions:
Cara Membuat:
1. Pukul-pukul ikan hingga ikan empuk. Keluarkan daging bandeng dari rongga insang. Haluskan dagingnya dan buang duri-durinya.
2. Campur daging bandeng dengan telur, kelapa (halus sangrai ulek) dan semua bumbu. Aduk rata.
3. Ambil kulit bandeng, isikan campuran di atas ke dalam badan bandeng. Lumuri badannya dengan sisa bumbu. Bungkus dengan daun pisang dan bakar di atas bara api hingga matang. Angkat, potong-potong dan sajikan.

*Aku pakai food processor, digiling barengan ma telor2nya juga...
*Trus bungkusan ikan yg kepanjangan dan aku ga yakin mateng sampai ke ujung2nya, aku oven, dilapis aluminium foil setelah daun pisang, sampai yakin matang, buka aluminium foil, bakar lagi biar kering....
*Makannya panas2 dengan sambal kecap (bwg,cabe,tomat,jeruk)

Prev: Sambal Cibiuk
Next: Gulai Lele Asap Terung Telunjuk (terung medan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar